PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KARTU KREDIT CITIBANK SURABAYA

RIANTI, CICIK (2018) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KARTU KREDIT CITIBANK SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
14211470 - ABSTRAK CICIK RIANTI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
14211470 - BAB I CICIK RIANTI.pdf

Download (50kB)

Abstract

Dari waktu ke waktu terjadi sebuah perkembangan dalam teknologi. Karena semakin majunya perkembangan teknologi maka banyak orang-orang yang mencari suatu barang maupun alat yang fleksibel, efisien dan dapat dipergunakan sewaktu-waktu dibutuhkan tanpa harus membuang begitu banyak waktu. Di zaman yang modern ini perbankan semakin mengacu pada upaya pencapaian sosial dan kemajuan ekonomi, dengan cara membuat produk baru yaitu kartu kredit. Citibank Surabaya merupakan salah satu perbankan yang memiliki produk kartu kredit. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor maka Citibank Surabaya mencoba untuk meningkatkan minat menggunakan kartu kredit dengan meningkatkan kepercayaan dan pendapatan nasabahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Kepercayaan dan Pendapatan terhadap Minat menggunakan kartu kredit Citibank Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sebanyak 918 konsumen sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian diperoleh sebesar 99,89 kemudian dibulatkan menjadi 100 orang.. Jadi sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 nasabah Citibank Surabaya. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel Kepercayaan (X1¬) pengaruhnya terhadap Minat (Y) diperoleh hasil bahwa thitung (6,132) lebih besar dari ttabel (1,984), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kepercayaan (X1) terhadap Minat (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa pertama dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Variabel Pendapatan (X2) pengaruhnya terhadap Minat (Y) diperoleh hasil bahwa thitung (2,950) lebih besar dari ttabel (1,984), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Pendapatan (X2) terhadap Minat (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,045 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa kedua dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Hasil analisis uji F untuk mengetahui pengaruh variabel independen (Kepercayaan dan Pendapatan) terhadap variabel dependen (Minat) secara bersama-sama diperoleh hasil bahwa Fhitung (28,476) > Ftabel (3,09), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, dengan demikian hipotesa ketiga dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Berdasarkan tabel di atas diperoleh hasil perhitungan R square (R2) sebesar 0,870 atau 87%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yang terdiri dari Kepercayaan dan Pendapatan dapat menjelaskan variabel dependennya yaitu Minat sebesar 87% sedangan sisanya sebesar 13% yang dijelaskan oleh variabel lainnya tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kepercayaan, Pendapatan, Minat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Pendapatan, Minat.
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:58
Last Modified: 14 Dec 2022 02:21
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item