PURWATIK, LUKA (2018) ANALISA PENGARUH HARGA, MEREK, DAN KUALITAS NOTEBOOK LENOVO TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI HI-TECH MALL SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
14210172 - ABSTRAK LUKA PURWATIK.pdf Download (85kB) |
|
Text
14210172 - BAB I LUKA PURWATIK.pdf Download (157kB) |
Abstract
Persaingan produk Notebook meningkat tajam dengan banyaknya merek-merek terkenal dunia yang ikut berkompetisi diantaranya Asus, Lenovo, Toshiba, HP dan Dell. PT. Anugerah Nirwana Bersama sebagai salah satu distributor Merek Lenovo merasa perlu melakukan analisa pasar sebaik mungkin untuk memenangkan kompitisinya terkait upaya mempengaruhi minat beli konsumen. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa pengaruh harga, merek dan kualitas produk Notebook Lenovo terhadap minat beli masyarakat di Hi-Tech Mall Surabaya. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan mengambil lokasi penelitian pada PT. Anugerah Nirwana Bersama di Hi-Tech Mall Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh customer selama peridoe penelitian berlangsung dengan sample sebesar 72 responden. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel harga, merek dan kualitas produk sebagai variabel bebas dan variabel minat beli sebagai variabel terikat. Indikator masing – masing variabel ditentukan berdasarkan teori-teori pemasaran oleh para pakar pemasaran yang selanjutnya dibuat instrumen penelitian untuk mengumpulkan data kuantitatif yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data primer dan observasi sebagai pengumpul data sekunder yang selanjutnya ditabulasikan dengan kode-kode untuk memperoleh data berupa angka-angka melalui skala likert. Teknik analisa data digunakan untuk mengetahui dan menganalisa tingkat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik analisa diawali dengan melakukan uji asumsi klasik untuk menentukan validitas dan reliabilitas nilai pernyataan masing-masing indikator variabel. Selanjutnya dilakukan uji regresi melalui uji F (simultan) untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama indikator variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji-t (parsial) untuk mengetahui pengaruh masing-masing indikator variabel bebas terhadap variabel terikat dengan bantuan software SPSS Versi 16. Pedoman pengukuran uji-t dan uji F adalah jika nilai Sig. < 0,05 maka variabel bebas (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y) dan jika nilai Sig. > 0,05 maka variabel bebas (X) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai regresi untuk dimensi harga dengan =0.007<0,0.5, dimensi merek =0.000<0,0.5 dan dimensi kualitas produk =0.013<0,0.5 artinya ketiga dimensi variabel bebas tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sebagai bariabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Dengan nilai =0.013 maka kualitas produk dinyatakan sebagai faktor dominan yang mempengaruhi minat beli konsumen. Kata kunci : harga, merek, kualitas produk dan minat beli.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | harga, merek, kualitas produk dan minat beli. |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 03:44 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 09:42 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |