PRATIWI, ZHELLA OCTAVIANI (2019) PENGARUH PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN NASABAH PADA BMT AL-IZZAH MOJOKERTO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
ABSTRAK ZHELLA OCTAVIANI PRATIWI - 15211121.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB 1 ZHELLA OCTAVIANI PRATIWI - 15211121.pdf Download (166kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan promosi dalam memenuhi kepercayaan nasabah serta dampaknya terhadap kepuasan nasabah BMT AL-Izzah Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara langsung variabel pelayanan dan variabel promosi terhadap variabel kepuasan nasabah, pengaruh secara tidak langsung antara variabel pelayanan dan variabel promosi terhadap variabel kepuasan nasabah melalui variabel kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menitik beratkan pada pengujian hipotesis dengan alat analisis metode statistik dan menghasilkan kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah 60 nasabah merupakan nasabah BMT AL-Izzah Mojokerto dengan sampel sejumlah 60 nasabah menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus. Metode pengumpulan data dokumentasi dan kuesioner, metode analisis yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan analisis jalur (path analysis) menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis jalur diketahui bahwa pengaruh variabel pelayanan dan variabel promosi terhadap variabel kepuasan nasabah yaitu, variabel pelayanan mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,120, dan variabel promosi mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,173. Kepuasan nasabah sebagai variabel intervening mempunyai pengaruh sebesar 0,113 terhadap variabel kepuasan nasabah. Kemudian jika pelayanan melalui kepercayaan nasabah untuk mempengaruhi kepuasan nasabah, diketahui pengaruhnya sebesar 0,011. Sedangkan promosi jika melalui kepercayaan untuk mempengaruhi kepuasan nasabah, diketahui pengaruhnya sebesar 0,014. Berdasarkan hal ini dapat terlihat bahwa, pengaruh pelayanan dan promosi terhadap kepuasan nasabah akan lebih besar tanpa melalui kepercayaan nasabah. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,677 pada variabel terikat kepercayaan nasabah, berarti persentase pengaruh pelayanan dan promosi terhadap kepercayaan nasabah sebesar 66,7%. Koefisien determinan sebesar 0,615 untuk variabel terikat kepuasan nasabah, berarti persentase pengaruh pelayanan, promosi dan kepercayaan nasabah terhadap kepuasan nasabah sebesar 61,5%. dan berdasarkan hasil dari regresi berganda juga menunjukkan hasil bahwa pelayanan, promosi dan kepercayaan nasabah memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci : Pelayanan, Promosi, Kepercayaan Nasabah dan Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service, Promotion, Customer Trust and Customer Satisfaction |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 05:43 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 05:08 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/817 |
Actions (login required)
View Item |