PERSEPSI CHIEF OF STORE ATAS INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DITINJAU DARI PENDIDIKAN, MOTIVASI, DAN KEPRIBADIAN PADA LINGKUNGAN PERUSAHAAN TOKO WARALABA ALFAMART SIDOARJO

HARIYONO, MUHAMMAD TAUFIK (2018) PERSEPSI CHIEF OF STORE ATAS INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DITINJAU DARI PENDIDIKAN, MOTIVASI, DAN KEPRIBADIAN PADA LINGKUNGAN PERUSAHAAN TOKO WARALABA ALFAMART SIDOARJO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
14310080 - ABSTRAK MUHAMMAD TAUFIK HARIYONO.pdf

Download (46kB)
[img] Text
14310080 - BAB I MUHAMMAD TAUFIK HARIYONO.pdf

Download (154kB)

Abstract

PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (Alfamart) adalah salah satu pemain bisnis retail terkemuka yang ada di Indonesia yang menawarkan suatu bisnis mitra usaha kepemilikan (waralaba). Selama periode tahun 2014 -2016 pada toko Waralaba Alfamart Sidoarjo mengalami kenaikan dan penurunan Surplus Kas yang di terima oleh Franchisee, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah tingkat pemahaman seorang Chief Of Store disetiap toko milik Franchisee terhadap informasi akuntansi keuangan. Kelancaran arus informasi akuntansi pada toko waralaba sangat bermanfaat bagi Franchisee untuk mengetahui bagaimana perkembangan tokonya, dan berapa keuntungan yang diperoleh pada periode tertentu. Hal ini dikarenakan perbedaan internal set factors individuality Chief Of Store seperti pendidikan, motivasi, dan kepribadian yang mempengaruhi adanya perbedaan antara setiap Chief Of Store sehingga bisa terjadi perbedaan persepsi atas informasi akuntansi keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah faktor pendidikan, motivasi, dan kepribadian mempunyai pengaruh positif terhadap persepsi Chief Of Store atas informasi akuntansi keuangan. Untuk penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan cara Simple Random Sampling dan Cluster Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 Responden di Lingkungan Perusahaan toko Waralaba Alfamart Sidoarjo. Sumber data yang diperoleh dari pemyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda IBM SPSS 2.0 Berdasarkan hasil analis diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan, motivasi, dan kepribadian terbukti mempunyai pengaruh terhadap persepsi Chief Of Store atas informasi akuntansi keuangan pada lingkungan perusahaan toko Waralaba Alfamart Sidoarjo. Disimpulkan pula bahwa variabel Pendidikan adalah variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap persepsi Chief Of Store atas informasi akuntansi keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, motivasi, dan kepribadian terbukti mempunyai pengaruh terhadap persepsi Chief Of Store atas informasi akuntansi keuangan pada lingkungan perusahaan toko Waralaba Alfamart Sidoarjo. Disimpulkan pula bahwa variabel Pendidikan adalah variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap persepsi Chief Of Store atas informasi akuntansi keuangan.
Subjects: Akuntansi
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email Lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 25 Sep 2019 08:27
Last Modified: 07 Dec 2020 04:05
URI: http://repository.mahardhika-library.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item