EVALUASI PROSEDUR PENGELOLAAN PIUTANG USAHA DALAM MEMINIMALISIR PIUTANG TIDAK TERTAGIH PADA PT. SEALINK CARGO SURABAYA

PUSPASARI, WULAN (2017) EVALUASI PROSEDUR PENGELOLAAN PIUTANG USAHA DALAM MEMINIMALISIR PIUTANG TIDAK TERTAGIH PADA PT. SEALINK CARGO SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
15350266 - ABSTRAK WULAN PUSPASARI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
15350266 - BAB I WULAN PUSPASARI.pdf

Download (86kB)

Abstract

Dengan banyaknya pelanggan PT Sealink Cargo maka dalam hal pembayaran terutama dengan perusahaan yang menjalin kerjasama, tentunya pembayaran dilakukan secara tunai melainkan juga pembayaran secara kredit yang memberikan batas waktu pembayaran terhadap pelanggan. Mengingat pembayaran atau jasa usaha yang dilakukan oleh PT Sealink Cargo secara tempo, maka perlu adanya pengendalian prosedur piutang guna untuk mengatur pembayaran menjadi benar-benar dapat terkontrol supaya tidak terjadi piutang tidak tertagih. Oleh karena itu pengendalian prosedur piutang sangat penting diterapkan guna meminimalisir piutang tidak tertagih terutama bagi PT Sealink Cargo agar piutang yang dapat dijadikan sebagai modal dan penerimaan kas perusahaan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya piutang tidak tertagih dari pelanggan.itu yang menjadikan fokus untuk bagaimana mengevaluasi prosedur pengelolaan piutang usaha dan bagaimana prosedur pengelolaan untuk meminimalisir piutang tak tertagih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis kualitatif. Ih Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan teknik wawancara Hasil yang dicapai dalam penelitian ini ialah menunjukkan bahwa tingkat ketaatan prosedur pengelolaan piutang dalam meminimalisir piutang tak tertagih belum cukup baik. Adapun kekurangan dalam prosedur pengeloaan piutang, yaitu tidak ada syarat kredit untuk pelanggan baru, standart kredit serta survey ke perusahaan pelanggan dan laporan-laporan yang mendukung untuk mengetahui perputaran piutang seperti laporan outstanding piutang dan laporan term of payment (TOP), itu yang menyebabkan piutang banyak yang tidak tertagih. Sedangkan untuk pelaporan keuangan PT Sealink Cargo sudah menyisikan cadangan kerugian piutang tetapi belum menghapuskan piutang-piutang lama karena pihak manajemen masih berusaha menagihkan. Adapun pula pengawasan dan pemantauan manajemen berkurang serta kurang follow up pelanggan untuk pembayaran tepat waktu. untuk evaluasi prosedur pengelolaan piutang dalam meminimalisir piutang tak tertagih dengan cara memberikan syarat kredit, standart kredit, laporan-laporan pendukung untuk mengetahui perputaran piutang yang sudah lewat jatuh tempo dengan penanganan yang tepat serta pemantauan dan pengawasan pihak menejemen perusahaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran manajemen perusahaan guna untuk meminimalisir piutang tak tertagih dengan syarat kredit,standart kredit dan laporan-laporan pendukung guna mengetahui perputaran piutang, serta pengawasan dan pemantauan pihak manajemen dan penyeleksi pelanggan baru serta membuat analisa pembayaran pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prosedur, Pengelolaan, Piutang
Subjects: Akuntansi
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:22
Last Modified: 04 Apr 2022 12:54
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item