PERENCANAAN PENINGKATAN LABA MELALUI METODE BREAK EVENT POINT PADA PABRIK AIR MINUM BERLIS PANDAAN, PASURUAN, JAWA TIMUR

RACHMAYANTI, FEBRINA AGNES (2017) PERENCANAAN PENINGKATAN LABA MELALUI METODE BREAK EVENT POINT PADA PABRIK AIR MINUM BERLIS PANDAAN, PASURUAN, JAWA TIMUR. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
13310149 - ABSTRAK FEBRINA AGNES R.pdf

Download (35kB)
[img] Text
13310149 - BAB I FEBRINA AGNES R.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis peran break event point dalam meningkatkan laba pada Pabrik Air Minum Berlis Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur dan menganalisis pengaruh pemisahan biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel terhadap peningkatan laba pada Pabrik Air Minum Berlis Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus pada perusahaan.Data dalam penelitian ini berupa laporan keuangan Pabrik Air Minum Berlis Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur tahun 2012-2016.Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi.Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisa Break-Event. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan peningkatan laba melalui metode Break Event Point pada Pabrik Air Minum Berlis Pandaan, Pasuruan Jawa Timur diperoleh hasil bahwa break event point berperan dalam meningkatkan laba pada Pabrik Air Minum Berlis Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Pemisahan biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel berpengaruh terhadap peningkatan laba pada Pabrik Air Minum Berlis Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada tahun 2012 laba yang diperoleh dari Air Minum Kemasan 600ml adalah Rp 51.910.728,48; kemudian mengalami penurunan di tahun 2013 sebesar Rp 745.267,25 menjadi Rp 51.165.461,23. Pada tahun 2014 terjadi peningkatan sebesar Rp 24.904.187,96 menjadi Rp 76.069.649,19. peningkatan kembali terjadi pada tahun 2015 yaitu sebesar Rp 21.572.148,85; sehingga laba menjadi Rp 97.641.798,04. Peningkatan laba terus terjadi hingga tahun 2016 sebesar Rp 1.024.312,94 menjadi sebesar Rp 98.666.110,98

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: break event point, biaya, penjualan, laba
Subjects: Akuntansi
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email Lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:43
Last Modified: 03 Dec 2020 05:16
URI: http://repository.mahardhika-library.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item