STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM AYAM PETELUR DI BOJONEGORO

Kusumaningtyas, Menur and Fahamsyah, M.Hatta (2023) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM AYAM PETELUR DI BOJONEGORO. JURNAL INVESTASI, 9 (4). pp. 237-248.

[img] Text
4. STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM AYAM PETELUR DI BOJONEGORO.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Peer 4.pdf

Download (621kB)
[img] Text
4.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami upaya UMKM ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro dalam menerapkan pemasaran digital. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan strategi studi kasus, yang melibatkan analisis mendalam terhadap kasus-kasus yang relevan. Penelitian ini mencakup beberapa dimensi, antara lain faktor-faktor yang menghambat keputusan penggunaan platform digital oleh UMKM ayam petelur, aktivitas pemasaran digital yang telah dilakukan, kinerja bisnis yang dicapai, kendala yang dihadapi dalam pemasaran digital, dan rekomendasi yang dapat diberikan kepada pemangku kepentingan untuk optimalisasi pemasaran digital. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang tantangan dan potensi dalam menerapkan pemasaran digital bagi UMKM ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi dan kebijakan yang lebih efektif dalam mendukung perkembangan usaha mikro dan kecil di sektor tersebut. Data melalui wawancara mendalam dan FGD terhadap 2 pemilik UMKM Ayam Petelur dan LSM Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan mengadopsi platform digital, namun indikator keterampilan karyawan menghambat pengambilan keputusan. Penerapan pemasaran digital dan kinerja bisnis bisa lebih optimal. Oleh karena itu, hambatan utama dalam kegiatan pemasaran digital adalah terbatasnya kapasitas, kapabilitas, dan jumlah SDM dalam organisasi yang dapat memasarkan secara digital. Oleh karena itu, rekomendasi yang diajukan adalah peningkatan literasi digital dan kolaborasi pemangku kepentingan melalui pelatihan, pendampingan, dan bantuan tenaga kerja

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Bojonegoro , Pemasaran Digital, Platform Digital, Wirausaha
Subjects: Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 06 Jun 2024 10:35
Last Modified: 06 Jun 2024 10:35
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item