Model Restorasi Mall Berbasis Biofilia Sebagai Pusat Gaya Hidup Baru Konsumen Metropolitan

PURWANTO, PURWANTO and Hidyantari, Erlyna and HARDIONO, HARDIONO (2020) Model Restorasi Mall Berbasis Biofilia Sebagai Pusat Gaya Hidup Baru Konsumen Metropolitan. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis (ECOBUSS), 8 (1). pp. 9-20. ISSN 2337-9340

[img] Text
09_ECOBUS_PUR_2020.pdf

Download (464kB)
[img] Text
09_HASIL TURNITIEN_ECOBUS_PUR_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengujia konsistensi desain ritel modern atau mall dengan konsep biofilia. Berdasarkan attention restoration theory (ART), peneliti menggunakan empat subdimensi being away, extent, fascination, compatibility sebagai varibel yang menggambarkan potensi restorasi mall sebagai pusat gaya hidup baru konsumen metropolitan di era digital. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden di kota Surabaya Jawa Timur. Metode penelitiannya dengan menggunakan eksperimen desain 2 x 2 dengan metode MANOVA dan ANOVA dalam dua study eksperimen. Hasil analisis menemukan pada studi 1, Secara keseluruhan, menyatakan bahwa konsumen yang melihat pusat gaya hidup bernuansa alam lebih cenderung merasa nyaman, dibanding konsumen yang tidak melihat tanaman, dan merasakan tiga dari empat sifat lingkungan (subdimensi) yang menggambarkan lingkungan restoratif. Study 2 menemukan tidak adanya perbedaan signifikan antara tujuan berbelanja terhadap keempat sub dimensi sebagai variabel terikat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Restoration, biophilia concept, environmental, lifestyle center
Subjects: Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 20 Feb 2024 12:05
Last Modified: 20 Feb 2024 12:05
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item View Item