ADITYAWATI, ULUM (2022) MANAGEMENT MARKETING MIX DALAM PENINGKATAN JUMLAH ANGGOTA BARU TABUNGAN HAJI (Studi Kasus Pada Cabang Pelayanan Anak Perusahaan Bank Syariah Mandiri di Sidoarjo ). Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
17211148 ULUM ADITYAWATI Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
17211148 ULUM ADITYAWATI Bab I.pdf Download (174kB) |
|
Text
17211148 ULUM ADITYAWATI Jurnal.pdf Download (252kB) |
Abstract
Perbankan syariah di Indonesia sangat pesat perkembangannya dibandingkan dengan Negara-negara lain. Untuk itu diharapkan seluruh pegawai dalam perusahaan dapat memaksimalkan penjualan produk dan dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Adanya peraturan baru selama adanya Covid- 19 membuat jasa pelayanan keberangkatan Haji harus berhenti memberikan promosi atas produk yang terakumulasi pada tabungan haji Mandiri dan Faedah dan umroh seperti yang di lakukan Bank Mandiri Syariah yang tergabung menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Pelayanan Sidoarjo . Sejak periode 2021 pemerintah membuka Kembali keberangkatan Haji ke tanah suci dan membuat BMS Cabang Pelayanan Sidoarjo harus membuat Kembali manajemen pemasran baru dalam mencapai jumlah peningktan nasabah Tabungan Haji Mandiri, Faedah dan Umroh Pelayanan Sidoarjodan Faedah dan umroh yang sempat turun. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen pemaran dalam peningkatan jumlah anggota baru nasabah Tabungan Haji Mandiri, Faedah dan Umroh Pelayanan Sidoarjodan Faedah dan umroh Pada Bank Mandiri Syariah yang tergabung menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Pelayanan Sidoarjo . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi marketing mix 7P dan penerapan marketing mix tabungan haji Mandiri dan Faedah dan umroh. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data. Data dikumpulkan dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, manajemen marketing mix dalam peningkatan jumlah anggota baru nasabah Tabungan Haji Mandiri, Faedah dan Umroh Pelayanan Sidoarjodan Faedah dan umroh di Bank Mandiri Syariah yang tergabung menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Pelayanan Sidoarjo sudah menerapkan metode bauran marketing mix 7P sudah bisa diterapkan dengan baik oleh peningkatan jumlah anggota baru nasabah Tabungan Haji Mandiri, Faedah dan Umroh Pelayanan Sidoarjodan Faedah dan umroh. Elemen Product yang mudah, ringat dan cepat; price ditetapkan untuk memberi keringan pembukaan tabungan baru maupun transaksi hingga keberangkatan Haji; Place diterapkan dengan keterjangkauan lokasi yang berada di pusat kota, ruang yang nyaman, promotion dilakukan dengan brosur-brosur, promosi di event keagamaan dan spanduk; people disusun dengan manajemen tim marketing yang menerapkan 3S, senyum sapa, salam; process diterapkan dengan manajemen pelayanan yang mudah cepat dan jemput bola bagi nasabah yang kesulitasn dating; physical evidence diterapkan dengan menajemen terhadap pengumpulan testimoni dari jamaah yang sudah melakukan keberangkatan Haji, kelengkapan fasilitas pelayanan yang cepat dan langsung terpadu dengan Kementrian agama dengan minimal saldo 25 juta. Manajemen marketing mix ini terbukti berpengaruh dengan meningkatkannya jumlah anggota baru nasabah Tabungan Haji Mandiri, Faedah dan Umroh Pelayanan Sidoarjodan Faedah dan umroh di tahun 2020 mencapai 229 jamaah hingga tahun 2021 493 jamaah. Diharapkan pihak marketing dapat mengatur agar tim yang melakukan jemput bola tidak ada yang mengalami terbentur waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajement, Marketing mix, Nasabah |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 05 May 2023 03:08 |
Last Modified: | 05 May 2023 03:08 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3840 |
Actions (login required)
View Item |