PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN IN STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING (PADA KONSUMEN INDOMARET SIDOARJO)

WIDYAWATI, LIA (2022) PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN IN STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING (PADA KONSUMEN INDOMARET SIDOARJO). Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
18210804 LIA WIDYAWATI ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
18210804 LIA WIDYAWATI BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
18210804 LIA WIDYAWATI JURNAL.pdf

Download (508kB)

Abstract

Adanya fenomena impulse buying terutama pada industri ritel di Indonesia ini mengharuskan seorang produsen mengamati perilaku konsumen. Oleh sebab itu untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi impulse buying dalam meningkatkan penjualan, maka diadakan penelitian tentang pengaruh price discount, bonus pack, dan in store display terhadap impulse buying secara signifikan. Penulis mengambil kasus pada salah satu ritel modern Indomaret yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Penulis melakukan penelitian, sejauh mana pengaruh price discount, bonus pack, dan in store display terhadap impulse buying dengan melihat bukti nyata yang ada di Indomaret Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana data dihitung dengan angka dan dianalisa hasil. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan instrumen kuesioner dengan responden sebanyak 96 orang. Data diolah dengan menggunakan SPSS 26 dan dianalisis dengan uji reliabilitas dan validitasnya. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa price discount, bonus pack, dan in store display berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan nilai konstanta 15.317. Juga didukung oleh uji determinasi (R2) untuk mengevaluasi model regresi, dan mendapatkan hasil R square sebesar 16.9% dari 100% bahwa variabel bebas price discount, bonus pack, dan in store display mampu menjelaskan pengaruh terhadap impulse buying. Hasil uji hipotesis t (parsial) menunjukkan bahwa variabel price discount memperoleh nilai t hitung sebesar 3.994, nilai t hitung variabel bonus pack sebesar 2.284, dan nilai t hitung variabel in store display sebesar 2.191 masing masing lebih dari nilai t tabel sebesar 1.29043. Artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pada uji t (parsial). Sedangkan hasil uji f (simultan) menunjukkan bahwa nilai f hitung sebesar 6.254 lebih besar dari f tabel yaitu sebesar 3.09 dengan nilai sig f lebih kecil dari 0.05, maka variabel price discount, bonus pack, dan in store display berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Price Discount, Bonus Pack, In Store Display, Impulse Buying
Subjects: Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 03 May 2023 05:26
Last Modified: 03 May 2023 05:26
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item