PENGARUH LIFESTYLE DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN TOKOPEDIA

JOHANSEN, JULIUS HANJAYA (2022) PENGARUH LIFESTYLE DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN TOKOPEDIA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK - JULIUS HANJAYA JOHANSEN - 18210912.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I - JULIUS HANJAYA JOHANSEN - 18210912.pdf

Download (151kB)
[img] Text
JURNAL - JULIUS HANJAYA JOHANSEN - 18210912.pdf

Download (307kB)

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat, dimana kemudahan akses internet memungkinkan banyak orang di dunia dengan mudah memperoleh dan mengetahui informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh diskon dan lifestyle terhadap keputusan impulse buying pada pengguna aplikasi Tokopedia di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh price discount terhadap keputusan impulse buying pada pengguna aplikasi Tokopedia di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika. Dalam penelitian ini dibutuhkan menggunakan populasi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Angkatan 2018 Reguler Pagi Manajemen dan Akuntansi sebanyak 361 mahasiswa. Pengambilan sample menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan sebanyak 79 responden. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan kuesioner yang sudah di uji realibilitas dan validitasnya dan penulis melakukan analisis data yang digunakan menggunakan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan nilai thitung variabel diskon (X1) ialah -3,223 dengan tingkat signitifikan 0,002 dan ttabel adalah 1,995, maka thitung lebih kecil dari ttabel yaitu (-3,223 < 1,995) dan nilai signifikannya 0,002 < 0,05. Sedangkan lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan nilai thitung variabel lifestyle (X2) ialah 5,253 dengan tingkat signitifikan 0,000 dan ttabel adalah 1,995, maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu (5,253 < 1,995) dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diketahui bahwa lifestyle dan diskon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan impulse buying. Akan tetapi, lifestyle memiliki pengaruh yang lebih besar daripada diskon terhadap impulse buying. Hal ini disebabkan oleh tingginya lifestyle konsumen terhadap impulse buying dari pada diskon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diskon, Lifestyle, Impulse Buying
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:30
Last Modified: 21 Mar 2023 07:30
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item