IMPLEMETASI STRETAGI PENGELOLAAN BRAND EQUITY PADA PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK BRANCH OFFICE SURABAYA

WARDHANA, WHISNU KUSUMA (2021) IMPLEMETASI STRETAGI PENGELOLAAN BRAND EQUITY PADA PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK BRANCH OFFICE SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK - WHISNU KUSUMA WARDHANA - 17210538.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB I - WHISNU KUSUMA WARDHANA - 17210538.pdf

Download (331kB)
[img] Text
JURNAL - WHISNU KUSUMA WARDHANA - 17210538.pdf

Download (144kB)

Abstract

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda). Sebagai pelopor maskapai nasional yang didirikan pada tahun 1949, Garuda Indonesia menambahkan kembali tagline “The Airline of Indonesia” sebagai penanda kepeloporan dan identitas maskapai pembawa bendera bangsa (flag carrier) di tengah persaingan industri penerbangan yang semakin ketat baik di tingkat nasional dan khususnya di tingkat internasional. Dengan tagline ini, Garuda Indonesia semakin memantapkan posisi menuju maskapai kelas dunia.Hanya saja dalam implementasinya membutuhkan pengelolaan Brand Equity yang baik, sehingga posisi Garuda Indonesia menjadi maskapai yang mampu bersaing dengan maskapai lainnya. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, dikarenakan permasalahan yang akan dikaji oleh peneliti merupakan masalah yang bersifat sosial dan dinamis. Oleh karena itu, peneliti memilih menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian tersebut. Sedangkan pengertian dari penelitian kualitatif sendiri menurut Wirartha (2006: 134) adalah penelitian yang dilakukan pada kondisi obyek yang alami. Penelitian ini penekanannya tidak pada pengujian hipotesis, melainkan pada usaha menjawab pertanyaan penelitian melalui cara-cara berpikir formal dan argumentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Ekuitas merek Garuda Indonesia yang tinggi disebabkan oleh pengelolaan mereknya yang secara konsisten dilakukan. Diantara beberapa strategi pengelolaan merek, Garuda mempunyai 5 hal yang menjadi tombak dalam pengelolaan mereknya yaitu; a). Konsistensi pelayanan terhadap penumpang; b). Konsistensi Brand Awareness; c). Pengelolaan SDM yang unggul; d). Sky Beyond sebagai strategi dalam menghadapi persaingan; e). Strategi Pretige Pricing.Adapun Dampak dari pelaksanaan strategi tersebut adalah; a). Konsistensi perolehan Top Brand award maskapai penerbangan di Indonesia; b). Kepercayaan pelanggan yang semakin kuat; c).Perusahaan dapat menetapkan harga premium; d). Elastisitas permintaan terhadap harga yang kecil; e). Persepsi kualitas yang baik di mata pelanggan; f). Asosiasi merek yang kuat; g). Peningkatan loyalitas merek; h). Kepuasan pelanggan; i). Meningkatnya jumlah penumpang; j). Meningkatnya pangsa pasar; k). Berkurangnya biaya periklanan dan promosi; l). Meningkatnya kesadaran merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stretagi, Brand Equit, Pasar
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:14
Last Modified: 08 Mar 2023 02:14
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item