Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian Bahan Kegiatan Praktik Diklat BST (Basic Safety Training) dan AFF (Advanced Fire Fighting) di Poltekpel Surabaya

Irwan, Mohammad (2022) Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian Bahan Kegiatan Praktik Diklat BST (Basic Safety Training) dan AFF (Advanced Fire Fighting) di Poltekpel Surabaya. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
18310297 - ABSTRAK MOHAMMAD IRWAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
18310297 - BAB I MOHAMMAD IRWAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
18310297 - JURNAL MOHAMMAD IRWAN.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembelian bahan praktik diklat pada Poltekpel Surabaya dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi di proses pembelian barang dan bagaimana cara mengatasinya untuk menganalisis prosedur pembelian bahan praktik diklat untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi waktu melakukan pembelian barang dan cara mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan memakai kata-istilah, gambar. Menggunakan penelitian deskriptif dapat mengeksplorasi bagaimana individu bisa memaknai, menggambarkan, memetakan dan melihat dunia sosialnya. Dengan memakai metode penelitian ini secara kualitatif deskriptif bisa mengeksplorasi, menggambarkan atau mendeskripsikan dan menyelidiki lebih mendalam tentang mekanisme pembelian barang di bagian unit pengadaan Poltekpel Surabaya. Proses pembelian barang berdasarkan jurnal pemakaian bahan praktik diklat yang kemudian dibuatkan Nota Dinas permintaan bahan praktik diklat dari unit Diktram yang ditujukan ke bagian unit pengadaan, kemudian Unit Pengadaan akan memeriksa permintaan tersebut dan akan menghubungi rekanan, jika harga sudah disepakati maka rekanan akan memproses permintaan barang tersebut dan kemudian Unit Keuangan akan melakukan pembayaran ke pihak rekanan. Mekanisme pembelian barang yang dilakukan menggunakan metode tidak langsung atau melalui pihak rekanan, dalam proses pembelian ada kendala-kendala yang dihadapi bagian Purchasing seperti jadwal pengiriman yang terlambat berasal pihak rekanan itu sangat berpengaruh di aktivitas praktik diklat yang akan berlangsung, barang tidak sinkron antara permintaan dengan invoice yang diterima ditimbulkan pihak rekanan tidak teliti pada saat melakukan pengecekan barang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prosedur, pembelian, pengadaan, jadwal
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:32
Last Modified: 03 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item