PENGARUH PERSEPSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MEMILIH JASA PENDIDIKAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS STAKEHOLDER DI SMP RAUDLATUL JANNAH WARU SIDOARJO

AMALIA, SYAHADA (2020) PENGARUH PERSEPSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MEMILIH JASA PENDIDIKAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS STAKEHOLDER DI SMP RAUDLATUL JANNAH WARU SIDOARJO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK - SYAHADA AMALIA - 16210516.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I - SYAHADA AMALIA - 16210516.pdf

Download (45kB)
[img] Text
JURNAL - SYAHADA AMALIA - 16210516.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang bagaimana persepsi dan kualitas pelayanan agar wali murid merasa puas serta loyal telah memilih jasa pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi Populasi dalam penelitian ini adalah Wali Murid jenjang IX sejumlah 85 siswa tetap di SMP Raudlatul Jannah Waru Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh. Dengan jumlah sampel 85 responden. Pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas.. Teknik analisis data yaitu menggunakan Analisis Jalur (Path Analys) dan Uji Sobel dengan bantuan menggunakan SPSS 16. Dari hasil penelitian Uji hipotesis kesatu menguji Uji hipotesis I menguji variabel X1 (persepsi) berpengaruh signifikan terhadap Z (kepuasan). nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 hal ini menunjukkan jika H0 ditolak dengan kata lain variabel X1 (persepsi) berpengaruh signifikan terhadap variabel Z (kepuasan). Uji hipotesis kedua menguji variabel X2 (kualitas pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap Z (kepuasan). nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan jika H0 ditolak dengan kata lain variabel X2 (kualitas pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Z (kepuasan). Uji hipotesis ketiga menguji variabel X1 (persepsi) berpengaruh signifikan terhadap Y (loyalitas). nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan jika H0 ditolak dengan kata lain variabel X1 (persepsi) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (loyalitas). Uji hipotesis keempat menguji variabel X2 (kualitas pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap Y (loyalitas). nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan jika H0 ditolak dengan kata lain variabel X2 (kualitas pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (loyalitas). Uji hipotesis kelima menguji variabel Z (kepuasan) berpengaruh signifikan terhadap Y (loyalitas). nilai signifikansi sebesar 0,040 < 0,05 hal ini menunjukkan jika H0 ditolak dengan kata lain variabel Z (kepuasan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (loyalitas). Pengujian hipotesis keenam menguji pengaruh mediasi dilakukan dengan menggunakan rumus Sobel didapatkan hasil dengan nilai thitung sebesar 1,475 tersebut lebih kecil dari ttabel sebesar 1,989, maka dengan demikian model pengaruh tidak langsung dari variabel persepsi (X1) terhadap loyalitas (Y) melalui kepuasan (Z) tidak dapat diterima. Dengan demikian Hipotesis 6 ditolak. Menguji pengaruh mediasi dilakukan dengan menggunakan rumus Sobel didapatkan hasil dengan Nilai terhitung sebesar 1,711 tersebut lebih kecil dari ttabel sebesar 1,989 yang berarti bahwa parameter mediasi tersebut tidak berpengaruh. Maka dengan demikian model pengaruh tidak langsung dari variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap loyalitas (Y) melalui kepuasan (Z) tidak dapat diterima. Dengan demikian Hipotesis 7 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:36
Last Modified: 28 Feb 2023 03:36
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item