YUSUF, EDY MOCHAMAD (2022) PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIE MAHARDHIKA SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
ABSTRAK - EDY MOCHAMAD YUSUF - 18210403.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB I - EDY MOCHAMAD YUSUF - 18210403.pdf Download (290kB) |
|
Text
JURNAL - EDY MOCHAMAD YUSUF - 18210403.pdf Download (657kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman maupun pengertian tentang kepuasan mahasiswa di STIE Mahardhika Surabaya terhadap perguruan tinggi mereka yang dapat digunakan untuk bahan evaluasi dan juga peningkatan kualitas bagi suatu perguruan tinggi. Dimana mahasiswa merupakan pelanggan utama bagi penyedia jasa layanan pendidikan. Dengan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa penulis memilih Harga, Pelayanan dan kenyamanan sebagai variabel bebas yang dinilai dapat mempengaruhi variabel terikat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tujuan agar penelitian mendapatkan data yang jelas, rinci, spesifik. Selain itu tujuan lainnya agar penelitian berjalan sistematis, objektif dan dapat mengetahui hubungan setiap variabel dengan mudah. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa aktif STIE Mahardhika Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel tidak acak (non-probability sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Dalam pengujian data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil analisis persamaan regresi diperoleh nilai koefisien regresi untuk variabel Harga sebesar 0,255, Pelayanan sebesar 0,272, Kenyamanan sebesar 0,536. Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 56.249 untuk Ftabel sebesar 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka variabel Harga, Pelayanan dan kenyamanan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Hasil uji t diperoleh thitung variabel Harga sebesar 3,604, Pelayanan sebesar 3,729 dan Kenyamanan sebesar 5,756 dengan ttabel pada uji t sebesar 1,660. Setiap variabel memperoleh thitung > ttabel dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka ketiga variabel Harga, Pelayanan dan Kenyamanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa. Dalam hasil pengujian juga didapati jika variabel Kenyamanan merupakan variabel yang dominan dengan nilai thitung 5,756 lebih besar dibandingkan dengan variabel Harga dan Pelayanan dalam mempengaruhi kepuasan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Pelayanan, Kenyamanan, Kepuasan Mahasiswa, Perguruan Tinggi |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:40 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:40 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3265 |
Actions (login required)
View Item |