PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK

ARIFUDIN, ARIFUDIN (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK - ARIFUDIN - 18211195.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I - ARIFUDIN - 18211195.pdf

Download (337kB)
[img] Text
JURNAL - ARIFUDIN - 18211195.pdf

Download (625kB)

Abstract

Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dan kepercayaan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur atau indikator bahwa rumah sakit telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di-Instalasi Rawat Jalan RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Sedangkan untuk mengetahui ada pengaruh atau tidaknya kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien, peneliti merujuk teori kualitas pelayanan SERVQUAL oleh pasuraman et.al (1990:21) yaitu ada lima dimensi : tangible (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan) dan empaty (empati). Dari hasil penelitian ini, secara simultan variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien di-Instalasi Rawat Jalan RSUD. Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji F dimana sig. F sebesar 0,0000 < α (0,05). Secara parsial sebagaimana yang ditunjukan nilai sig t 0,000 <α (0,05) variabel tangible berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien. Untuk variabel reliability yang ditunjukan dari nilai sig t 0,601 > α (0,05) artinya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pasien. Variabel responsiveness berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,001 < α (0,05). variabel assurance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,008 < α (0,05). dan Variabel empathy berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,001 < α (0,05). Koefisien determinasi Adjusted R sebesar 0,771. Dapat dijelaskan bahwa variabel kepuasan pasien di pengaruhi oleh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sebesar 77,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien, Kualitas, Pelayanan, Tangible, Reliability, responsiveness, assurance, empathy
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:10
Last Modified: 22 Feb 2023 02:10
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item View Item