ARIFUDIN, ARIFUDIN (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
ABSTRAK - ARIFUDIN - 18211195.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB I - ARIFUDIN - 18211195.pdf Download (337kB) |
|
Text
JURNAL - ARIFUDIN - 18211195.pdf Download (625kB) |
Abstract
Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dan kepercayaan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur atau indikator bahwa rumah sakit telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di-Instalasi Rawat Jalan RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Sedangkan untuk mengetahui ada pengaruh atau tidaknya kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien, peneliti merujuk teori kualitas pelayanan SERVQUAL oleh pasuraman et.al (1990:21) yaitu ada lima dimensi : tangible (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan) dan empaty (empati). Dari hasil penelitian ini, secara simultan variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien di-Instalasi Rawat Jalan RSUD. Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji F dimana sig. F sebesar 0,0000 < α (0,05). Secara parsial sebagaimana yang ditunjukan nilai sig t 0,000 <α (0,05) variabel tangible berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien. Untuk variabel reliability yang ditunjukan dari nilai sig t 0,601 > α (0,05) artinya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pasien. Variabel responsiveness berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,001 < α (0,05). variabel assurance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,008 < α (0,05). dan Variabel empathy berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,001 < α (0,05). Koefisien determinasi Adjusted R sebesar 0,771. Dapat dijelaskan bahwa variabel kepuasan pasien di pengaruhi oleh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sebesar 77,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pasien, Kualitas, Pelayanan, Tangible, Reliability, responsiveness, assurance, empathy |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:10 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:10 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3263 |
Actions (login required)
View Item |