PENGARUH BIAYA PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL(FACEBOOK DAN INSTAGRAM) TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA JASA CATERING “SEDULURAN”

ANGGRAENI, GEOFANNY PUSPITA (2020) PENGARUH BIAYA PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL(FACEBOOK DAN INSTAGRAM) TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA JASA CATERING “SEDULURAN”. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
16310428 - ABSTRAK GEOFANNY PUSPITA ANGGRAENI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
16310428 - BAB I GEOFANNY PUSPITA ANGGRAENI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
16310428 - JURNAL GEOFANNY PUSPITA ANGGRAENI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui biaya promosi,omzet penjualan dan pengaruh biaya promosi melalui media sosisal (X) terhadap omzet penjualan (Y) pada jasa Catering “Seduluran”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan dan struktur organisasi. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data berupa laporan keuangan yang berhubungan dengan omzet penjualan dan biaya promosi penjualan melalui media sosial. Dengan jumlah sampel biaya promosi dan omzet penjualan selama 12 bulan (April 2018 sampai dengan Maret 2019).Data penelitian ini diolah dengan software SPSS kemudian dianalisis menggunakan regresi sederhana dengan rumus Y=a+bX,selanjutnya analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Y=9002191,667+82,332 X dan berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil R=0,578 menunjukkan adanya tingkat hubungan yang sedang antara biaya promosi melalui media sosial dan omzet penjualan. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 33,4% omzet penjualan dipengaruhi biaya promosi dan 66,6% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis t hitung=2,240>ttabel=2,228, Ho ditolak dan Ha diterima artinya biaya promosi melalui media sosial berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada. David, R. Fred dan Forest R. David. 2016. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat. Dewi, Sofia Prima dan Septian Bayu Kristanto. 2016. Akuntansi Biaya Edisi 2. Bogor: IN MEDIA. Dewi, Sofia Prima dan Septian Bayu Kristanto. 2017. Akuntansi Biaya. Bogor: In Media. Dunia, Firdaus A, dkk. 2018. Akuntansi Biaya Edisi 4 Revisi. Jakarta: Salemba Empat. Irum. 2016. Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Rumah pada Perumahan D”Cassablanca di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis: Universitas Mulawarman. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks. Laki, Melisa Feronika, dkk. 2019. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Laba pada PT. Megamitra Makmur Sentosa Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 14(1), 46. Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta:Salemba Empat. Mursid, M. 2017. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara. Muslimawati, dkk. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan dengan Merek Aqua pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS., 3. Ningtyas, Dhita Paranita,dkk. 2019. Pengembangan Usaha Katering “REAL FOOD” Khusus Balita Berbasis Online di Posdaya Mandiri Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 29. Pirmaningsih, Lilik. 2017. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Indomedia Pustaka. Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. Purwaji, Agus, dkk. 2017. Akuntansi Biaya Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. Purwaji, Agus, dkk. 2017. Pengantar Akuntansi I Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. Rahayu, Ayu Sri. 2018. Pengaruh Biaya Iklan dan Biaya Promosi terhadap Penjualan Mobil Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Aluddin di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi, 5. Rizal, Rusma, dkk. 2017. Analisis Bauran Pemasaran terhadap Omzet Penjualan pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang. Jurnal Adminika, 3(2), 81. Sahabuddin, Romansyah. 2016. Development of Buvalue and Behaviours: Takalar District, South sulawesi (Indonesia) Case Study. Journal: Actual Problems of Economics. Vol: 176. issues: 2016. Sasongko, Catur, dkk. 2018. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. Setiyaningrum, Ari, dkk. Prinsip-prinsip Pemasaran-Pengenalan Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneural Marketing dan E-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi. Siregar, Baldric.dkk. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta : Salemba Empat. Sujarweni, V Wiratna. 2016. Akuntansi Manajemen Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Suryani, Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran Strategik di Era Global. Jakarta: Prenada Media Group. Utari, Dewi, dkk. 2016. Akuntansi Manajemen Edisi 4. Jakarta: Mitra Wacana Media. Wildhy, Ershad Al dan Mulia Andhirfa. Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan. Khotimah, K., Harjanti, W., Emmywati, E., & Yulfajar, A. (2021). INDOSAT PERDANA CARD PURCHASE DECISION PROCESS ON PRICE, PRODUCT QUALITY, AND PROMOTION IN MALANG CITY. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN (JEM17), 6(1), 117-132.
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:18
Last Modified: 10 Feb 2023 08:18
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item