Kuswandi, Kuswandi and Masluchah, Anis and Hidyantari, Erlyna and Hardiono, Hardiono and Adi, Titok Waskito (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 22 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KABUH KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Studi Bisnis dan Administrasi, 5 (1). pp. 37-49. ISSN 2620-794X
Text
22. IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
Turnitin 22 IMPLEMENTASI PERATURAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Peer 22 Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.pdf Download (773kB) |
Abstract
Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar peran guru dalam pembelajaran. Secara administratif, pemerintah pusat telah menyiapkan perangkat pembelajaran yang tidak perlu lagi disiapkan oleh guru.Namun demikian, guru dituntut berperan secara aktif sebagai motivator dan fasilitator pembelajaran sehingga siswa akan menjadi pusat belajar. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi para guru karena tidak semua guru memiliki kompetensi tersebut.Selain itu, guru dituntut kesiapannya untuk melaksanakan kurikulum dalam waktu yang relative singkat sementara perangkatnya belum disiapkan secara matang. Keutamaan penerapan kurikulum 2013 ini salahsatunya adalah pendidikan yang berpusat pada siswa, dimana guru sebagai fasilitator yang mendampingi jalannya pembelajaran. Dalam penerapan kurikulum 2013 sangat sesuai dengan yang dibutuhkan pada pembelajaran, dimana pembelajaran merupakan bagian dari ilmu sains yang membutuhkan eksperimen dalam pengkajiannya. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian iniadalah Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada aspek Standar Proses sekolah tingkat menengah atas di SMA Negeri Kabuh kabupatenJombang dan kendala-kendala yang dialami dalam implementasi. Dari hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa Pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru SMA Negeri Kabuh tersebut sudah sesuai standar proses kurikulum 2013. Guru hanya perlu mengembangkan lagi pelaksanaan kurikulum 2013 agar lebih berpihak pada murid, hal ini tergambar dari hasil wawancara yang peneliti peroleh dalam melakukan penelitian dimana semua guru memahami cara pembutan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dan juga semua guru melakukan penilaian autentik sesuai standar kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran di SMA Negeri Kabuh tersebut masih terdapat beberapa kendala, kendala-kendala tersebut berupa kurangnya media dan keterbatasan fasilitas pembelajaran daring/ luring, sehingga menghambat implikasi Kurikuum 2013 secara sempurna di SMA Negeri kabuh.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 09:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 09:34 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/2939 |
Actions (login required)
View Item |