Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT pada Perusahaan Kopi Lokal

SUKATMADIREDJA, NONENG R and ROSITA, WINDY MELLA (2019) Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT pada Perusahaan Kopi Lokal. Jurnal Ecopreneur.12, 2 (2). pp. 1-14. ISSN 2614-3968

[img] Text
10. Strategi Pemasaran melalui analisis SWOT pada perusahaan kopi lokal.pdf

Download (383kB)
[img] Text
10. peer review - Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT.pdf

Download (837kB)
[img] Text
HASIL_STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN KOPI LOKAL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Di Perusahaan Kopi Lokal PT. Berontoseno Kediri. Bertujuan untuk mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan dan Peluang, ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan untuk menemukan strategi pemasaran yang relevan yang digunakan oleh PT. Berontoseno Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian aplikasi strategi pemasaran perusahaan, dengan menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisis strategi SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Weakness), WO (Weakness-Opportunity), WT (Weakness- Ancaman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran PT. Berontoseno Kediri adalah kopi bubuk berkualitas baik, harga produk lebih murah daripada produk pesaing, posisi bisnis yang masih melakukan kegiatan secara mandiri dengan peralatan sederhana, dan juga karena keterbatasan jumlah modal perusahaan. Faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh adalah ketersediaan bahan baku yang memadai, masyarakat perlu minum konsumsi dalam bentuk kopi, persaingan dengan perusahaan sejenis, serta meningkatnya substitusi produk. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan strategi alternatif yang perlu dilakukan oleh PT. Berontoseno Kediri, mengembangkan jaringan pemasaran, meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, memperkuat kerja sama dengan lembaga pemerintah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan, meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan, menetapkan harga untuk menghadapi persaingan, meningkatkan penggunaan teknologi, dan menekan segala kemungkinan biaya kebocoran operasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT
Subjects: Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 12 Mar 2022 04:19
Last Modified: 12 Mar 2022 04:19
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item