MAWARDI, MOH. (2020) PENGARUH VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN SUSU FRISIAN FLAG DI KOTA SURABAYA, JAWA TIMUR. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
17210931 - ABSTRAK MOH. MAWARDI.pdf Download (346kB) |
|
Text
17210931 - BAB I MOH. MAWARDI.pdf Download (202kB) |
|
Text
17210931 - JURNAL MOH. MAWARDI.pdf Download (431kB) |
Abstract
Produk susu merupakan komoditas pangan penting terutama di masa pandemi sebagai salah satu bahan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi berupa vitamin dan mineral untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebagai salah satu produsen susu di Indonesia, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) telah dikenal dengan baik oleh konsumen. Meski demikian, hal ini tidak mengurangi tingginya persaingan antar produsen susu. Salah satu pemasaran yang dilakukan oleh PT Frisian Flag Indonesia adalah melalui ritel dan Merchandiser Display (MD) yang bertanggungjawab akan displai produk susu FFI dalam ritel untuk menarik perhatian konsumen dan memutuskan melakukan pembelian. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa konsumen yang cenderung menunjukkan perilaku impulsif adalah segmen terbesar untuk dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying konsumen susu Frisian Flag Indonesia. Visual merchandising yang dimaksud dalam penelitian mencakup variabel interior display, promotional signage, product shelf position, floor merchandising. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisis data. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel interior display dan product shelf position memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying konsumen, sedangkan variabel promotional signage dan floor merchandising memiliki pengaruh negatif dan signifikan. Dan berdasarkan nilai standardized coefficients tertinggi, variabel product shelf position memberikan pengaruh paling dominan terhadap impulse buying. Hal ini dikarenakan variabel product shelf position didukung oleh faktor-faktor yang berpengaruh terkait letak produk, seperti kecenderungan konsumen untuk memilih produk pada jangkauan mata, berhenti dan mencari produk pada rak, dan membeli produk yang tidak direncanakan secara impulsif pada saat berkeliling toko. Sehingga apabila komponen-komponen product shelf position semakin baik dan berkembang maka dapat meningkatkan impulse buying konsumen susu FFI. Model regresi yang didapatkan yaitu Y = 1,815+0,299X1- 0,754X2+0,974X3– 0,036X4+e.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | visual merchandising, interior display, promotional signage, product shelf position, floor merchandising, dan impulse buying |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:11 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:11 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/2653 |
Actions (login required)
View Item |