PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN RETAIL YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

MIRNAWATI, SELVY (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN RETAIL YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
14310126 - ABSTRAK SELVY MIRNAWATI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
14310126 - BAB I SELVY MIRNAWATI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
14310126 - JURNAL SELVY MIRNAWATI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Retail Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menitikberatkan pada pengujian hipotesa dengan alat analisa metode statistik dan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan retail yang terdaftar sampai 2018 di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 17 perusahaan, sedangkan jumlah sampel adalah 14 perusahaan memberikan laporan keuangan secara periodik per 31 Desember pada tahun 2014 – 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling tepatnya purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan syarat tertentu, yaitu: Perusahaan retail yang memiliki laporan keuangan yang lengkap. Alat uji yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 17.0. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, hasil dari uji asumsi klasik yang menunjukkan bahwa data terbebas dari autokorelasi, multikolinearitas serta heteroskedastisitas. Analisa regresi linier berganda didapatkan permodelan yaitu Y = 2.360 + 0.347 X1 + 0.492 X2 + 0.371X3. Dari hasil Uji F didapatkan hasil yaitu Fhitung (40.144) > Ftabel (2.74), yang artinya ukuran perusahaan (X1), profitabilitas (X2) dan struktur aktiva (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal (Y) pada perusahaan retail yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari hasil uji t dapat diketahui bahwa ukuran perusahaan (X1), profitabilitas (X2) dan struktur aktiva (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap struktur modal (Y) pada perusahaan retail yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan masing-masing memiliki thitung 2.526, 4.559 dan 3.780 yang lebih besar dari ttabel (1,9966)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Aktiva Dan Struktur Modal
Subjects: Akuntansi
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 20 Mar 2021 06:09
Last Modified: 20 Nov 2021 08:59
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item