PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG (REPEAT PURCHASING) OBAT ANTIBIOTIK PRODUKSI PT. OTTO PHARMACEUTICAL INDUSTRIES SIDOARJO

FRISTANTY, ADINIA MUSTIKA (2019) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG (REPEAT PURCHASING) OBAT ANTIBIOTIK PRODUKSI PT. OTTO PHARMACEUTICAL INDUSTRIES SIDOARJO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.

[img] Text
16210801 - ABSTRAK ADINIA MUSTIKA FRISTANTY.pdf

Download (11kB)
[img] Text
16210801 - BAB I ADINIA MUSTIKA FRISTANTY.pdf

Download (142kB)
[img] Text
16210801 - JURNAL ADINIA MUSTIKA FRISTANTY.pdf

Download (173kB)

Abstract

Pembelian ulang pelanggan atas produk merupakan suatu yang diharapkan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan akan berusaha bersaing secara kompetitif untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik pada saat menggunakan produk atau jasa yang akan menimbulkan kecenderungan sikap pembelian pelanggan dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan secara berulang ulang. Kenyataan yang terjadi di lapangan bahwa setiap perusahaan farmasi memproduksi obat antibiotik yang komposisi pembuatan obat tersebut sudah terstandarisasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga perlu adanya peningkatan pada hal-hal lain untuk menarik minat pembelian ulang konsumen yaitu dengan cara meningkatkan kualitas produk, cara pelayanan agar pelanggan puas, dan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Adapun obat antibiotik yaitukelompok obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan bakteri berkembang biak di dalam tubuh. Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus, seperti flu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Kualitas Produk terhadap Pembelian Ulang (Reperat Purchasing) pembelian obat antibiotik produksi PT. Otto Pharmaceutical Industries Sidoarjo, 2) mengetahui Kepuasan Pelanggan terhadap Pembelian Ulang (Reperat Purchasing) pembelian obat antibiotik produksi PT. Otto Pharmaceutical Industries Sidoarjo, 3) mengetahui Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen pembelian obat antibiotik produksi PT. Otto Pharmaceutical Industries Sidoarjo, 4) mengetahui Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan terhadap Pembelian Ulang (Reperat Purchasing) pembelian obat antibiotik produksi PT. Otto Pharmaceutical Industries Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk (X1) terhadap Pembelian Ulang (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,040 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa pertama dapat diterima dan terbukti kebenarannya, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kepuasan Pelanggan (X2) terhadap Pembelian Ulang (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa kedua dapat diterima dan terbukti kebenarannya, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan (X3) terhadap Pembelian Ulang (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,021 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa ketiga dapat diterima dan terbukti kebenarannya, dan menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, dengan demikian hipotesa keempat dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yang terdiri dari Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Kualitas Pelayanan dapat menjelaskan variabel dependennya yaitu Pembelian Ulang sebesar 78,4% sedangan sisanya sebesar 21,6% yang dijelaskan oleh variabel lainnya tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Pembelian Ulang
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 23 Oct 2020 04:33
Last Modified: 11 Jan 2023 08:01
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item