SULISTYO, CAHYADI YUDI (2020) PENGARUH PRICE, PROMOTION DAN WORD OF MOUTH TERHADAP CUSTOMER LOYALITY OBAT PRODUKSI PT. OTTO FARMASI SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.
Text
16210784 - ABSTRAK CAHYADI YUDI SULISTYO.pdf Download (10kB) |
|
Text
16210784 - BAB I CAHYADI YUDI SULISTYO.pdf Download (86kB) |
|
Text
16210784 - JURNAL CAHYADI YUDI SULISTYO.pdf Download (441kB) |
Abstract
Perkembangan dunia usaha saat ini mewajiban dunia usaha saling berlomba-lomba untuk meningkatkan strategi bisnisnya yang berfokus pada konsumen. Perubahan dalam dunia usaha yang semakin cepat mengharuskan perusahaan untuk merespon perubahan yang terjadi, problem sentral yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini adalah bagaimana perusahaan tersebut akan tercapai jika perusahaan melakukan proses pemasaran. Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Perusahaan pada umumnya menginginkan bahwa pelanggan yang sudah diciptakannya dapat dipertahankan selamanya. Namun demikian, hal ini bukan lah suatu hal yang mudah mengingat perubahan-perubahan dapat terjadi setiap saat, baik perubahan pada diri pelanggan seperti selera maupun aspek-aspek psikologis serta perubahan kondisi lingkungan yang mempengaruhi aspek-aspek psikologis, sosial dan kultural pelanggan. Terdapat beberapa keuntungan bagi perusahaan tentang pentingnya mempertahankan customer loyality. Keuntungan dari customer loyality bersifat jangka panjang dan kumulatif, artinya semakin lama loyalitas seorang pelanggan, semakin besar laba yang di dapat atau diperoleh perusahaan dari seorang pelanggan. Seorang pelanggan yang loyal akan menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan, dipertahankannya pelanggan yang loyal juga dapat memberikan umpan balik positif bagi perusahaan, dan loyalitas mempunyai hubungan positif dengan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh price, promotion, dan word of mouth terhadap customer loyality baik secara parsial maupun simultan. Sampel yang diambil sebanyak 100 konsumen dari 918 konsumen dengan menggunakan rumus slovin. Dalam penelitian skala yang digunakan untuk mengambil data peneliti menggunakan skala Likert untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomemena sosial melalui media sebaran kuesioner kepada responden dan kemudian hasil tabulasi kuesioner responden dilakukan pengolahan data uji hipotesis dengan model regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS ver. 21. Hasil ini penelitian ini yaitu price memiliki pengaruh besar terhadap customer loyality jika dibandingkan dengan promotion dan word of mouth. Adapun nilai besaran dari ketiga variabel price, promotion, dan word of mouth terhadap customer loyality yaitu sebesar 51,4% sedangan sisanya sebesar 48,6% yang dijelaskan oleh variabel lainnya tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | price, promotion, word of mouth, customer loyality. |
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:35 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1799 |
Actions (login required)
View Item |