ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF BELANJA SECARA ONLINE MELALUI SITUS TOKOBAGUS.COM DI SURABAYA

FATMAWATI, DESI (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF BELANJA SECARA ONLINE MELALUI SITUS TOKOBAGUS.COM DI SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.

[img] Text
09250754 - ABSTRAK DESI FATMAWATI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
09250754 - BAB I DESI FATMAWATI.pdf

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena belanja online baik melalui online shop ataupun dari jejaring sosial. Secara khusus, penelitian ini mengulas belanja online melalui forum jual beli Tokobagus.com. Perkembangan pengguna internet mendorong adanya suatu potensi besar terciptanya online shopping, menurut data setiap tahunnya terjadi peningkatan signifikan pemakai dan pelanggan internet bahwa pengguna internet di Asia terbanyak adalah China dengan penetrasi pengguna internet sebesar 38,4%, India sebesar 10,2%, Jepang sebesar 80% dan Indonesia menempati urutan ke-4 sebesar 22,4%, sehingga masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang sangat besar untuk melakukan pembelian secara online. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen,kualitas website dan kualitas produk terhadapa motif belanja secara online. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen belanja online di forum jual beli Tokobagus.com dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas,diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,373X1 +0,134 X2 +0,363 X3 +0,159 X4 Dimana variabel motif belanja secara online (Y), pengetahuan teknologi internet (X1), kepercayaan konsumen (X2), kualitas website (X3), dan kualitas produk (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen motif belanja secara online. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa keempat variabel memang layak untuk menguji variabel dependen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,565 menunjukkan bahwa 56,5 persen variasi motif belanja secara online dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 43,5 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motif belanja secara online,pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website,kualitas produk.
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:05
Last Modified: 11 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item