PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN DI PT. MITRA PINASTHIKA MULIA, TBK SIDOARJO (STUDI BAGIAN SPARE PART SEPEDA MOTOR)

FAIQOH, ELOK (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN DI PT. MITRA PINASTHIKA MULIA, TBK SIDOARJO (STUDI BAGIAN SPARE PART SEPEDA MOTOR). Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.

[img] Text
15211113 - ABSTRAK ELOK FAIQOH.pdf

Download (49kB)
[img] Text
15211113 - BAB I ELOK FAIQOH.pdf

Download (92kB)
[img] Text
15211113 - JURNAL ELOK FAIQOH.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga dalam memenuhi kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan PT.Surya Madistrindo Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara langsung variabel kualitas produk dan variabel harga terhadap variabel loyalitas pelanggan, pengaruh secara tidak langsung antara variabel kualitas produk dan variabel harga terhadap variabel loyalitas melalui variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis dengan alat analisis metode statistik dan menghasilkan kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah 150 outlet merupakan pelanggan PT. Surya Madistrindo Surabaya dengan sampel sejumlah 60 outlet menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dokumentasi dan kuesioner, metode analisis yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan analisis jalur (path analysis) menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis jalur diketahui bahwa pengaruh variabel kualitas produk dan variabel harga terhadap variabel loyalitas pelanggan yaitu, variabel kualitas produk mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,931, dan variabel harga mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,376. Kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening mempunyai pengaruh sebesar 0,189 terhadap variabel loyalitas pelanggan. Kemudian jika kualitas produk melalui kepuasan pelanggan untuk mempengaruhi loyalitas pelanggan, diketahui pengaruhnya sebesar 0.597. Sedangkan harga jika melalui kepuasan pelanggan untuk mempengaruhi loyalitas pelanggan, diketahui pengaruhnya sebesar 0.341. Berdasarkan hal ini dapat terlihat bahwa, pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan akan lebih besar tanpa melalui kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,766 pada variabel terikat kepuasan pelanggan, berarti persentase pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 76,6%. Koefisien determinan sebesar 0,935 untuk variabel terikat loyalitas pelanggan, berarti persentase pengaruh kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 93,5%. dan berdasarkan hasil dari regresi berganda juga menunjukkan hasil bahwa kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:48
Last Modified: 11 Jan 2023 05:02
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item