Rahardjo, Kusuma Adi (2017) ANALISIS PENGGUNAAN INSTRUMEN EVALUASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO. ANALISIS PENGGUNAAN INSTRUMEN EVALUASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO, 15 (2). ISSN 0854-0861
|
Text
Peer Review 2 Kusuma Adi.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
ANALISIS PENGGUNAAN INSTRUMEN EVALUASI PADA.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
||
|
Text
78% turnitin & Surat plagiat.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Upaya mengembangkan manusia tidak pernah terlepas dari dunia pendidikan. Dunia pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam memajukan hidup dan kehidupan manusia. Kepribadian, kemampuan berpikir, kreativitas dan teknologi serta berbagai macam wujud budaya dapat terus berkembang atas jasa pendidikan. Sehingga tidak salah jika para ahli mengatakan bahwa pekerjaan itu hanya ada dua macam yaitu mendidik dan non mendidik, karena semua kemampuan bekerja non mendidik dikembangkan melalui sebuah pendidikan. Belajar merupakan kegiatan yang komplek dan hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai. Timbulnya kapabilitas tersebut adalah dari stimulasi yang berasal dari lingkungan, dan proses kognitif yang dilakukan oleh pelajar. Setiap pembelajaran yang dilakukan seorang guru mempunyai instrumen evaluasi tersendiri yang berguna untuk mengukur tingkat prestasi siswa dan kemampaun siswa dalam menerima materi-materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen evaluasi apa saja yang digunakan di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo khususnya kelas XI IPS dalam bidang studi akuntansi. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru akuntansi kelas XI IPS sedangkan objek penelitian ini adalah instrumen evaluasi yang digunakan. Penganalisisan data dilakukan dengan uji telaah oleh tim ahli dalam pendidikan. Hasil penelitian ini yang sudah di telaah oleh tim ahli terdapat 3 aspek yaitu aspek materi, konstruksi dan bahasa atau budaya. Setelah dilakuakan perhitungan dari ketiga aspek tersebut didapatkan jumlah persentasi. Aspek materi dengan jumlah 82,14%, aspek konstruksi 53,14% dan aspek bahasa atau budaya 95,43%. Dan instrumen evaluasi yang digunakan oleh guru akuntansi di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dinyatakan layak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pembelajaran, Evaluasi, Instrumen Evaluasi. |
Subjects: | Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email Lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 04:51 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 02:48 |
URI: | http://repository.mahardhika-library.id/id/eprint/1462 |
Actions (login required)
View Item |