PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BHAKTI DHARMA HUSADA SURABAYA

RAHAYU, SITI NUR (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BHAKTI DHARMA HUSADA SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.

[img] Text
13210940 - ABSTRAK SITI NUR RAHAYU.pdf

Download (108kB)
[img] Text
13210940 - BAB I SITI NUR RAHAYU.pdf

Download (176kB)

Abstract

Persaingan pasar terbuka dan integrasi ASEAN semakin membuka peluang bagi berbagai institusi pelayanan kesehatan asing masuk ke Indonesia. Hal ini menuntut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada Surabaya dengan prinsip good corporate governance (GCG) terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan sehingga tercipta kepuasan pasien sehingga akan terwujud rumah sakit dengan pelayanan terbaik berstandar internasonal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Bhakti Dharma Husada Surabaya. Variabel terikatnya adalah kepuasan pasien, sedangkan variabel bebasnya adalah kualitas pelayanan kesehatan tang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan metode wawancara terhadap sampel sebanyak 110 pasien rwat jalan IRJ di RSUD BDH Kota Surabaya. Adapun alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan program SPSS 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima variable pelayanan kesehatan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai Fhitung(218,996) > Ftabel(2,30), sedangkan pada pengujian secara partial kelima variabel pelayanan kesehatan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kelima variable pelayanan kesehatan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati, sedangkan variable yang mempunyai pengaruh dominan adalah variable jaminan kesehatan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,913 yang artinya kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh faktor variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sebesar 91,3,6 persen, sedangkan sisanya sebesar 8,7 persen kepuasan pasien dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model analisis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan kepuasan
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 06 Mar 2020 09:35
Last Modified: 05 Jan 2023 01:32
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item