SARTIKAWATI, DEWI (2015) ANALISIS PENETAPAN HARGA DENGAN METODE COST-PLUS PRICING SEBAGAI UPAYA MEMPEROLEH LABA PADA PT INTRA POLA MARINA TOUR & TRAVEL. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.
Text
ABSTRAK DEWI SARTIKAWATI-10310289.docx Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) metode perhitungan biaya penjualan pada PT Intrapola Marina Tour & Travel, (2) metode penetapan harga jual tiket internasional kaitannya dalam memperoleh laba perusahaan, (3) apakah perhitungan biaya penjualan dan harga jual tiket yang ditetapkan oleh PT Intrapola Marina Tour & Travel telah sesuai dengan teori akuntansi. Harga, menurut Swastha (2008:211), adalah sejumlah uang (ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian deskriptif dengan melihat dan menganalisa cara perusahaan menetapkan harga jual tiket kepada para klien-nya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah studi Lapangan dengan menggunakan teknik observasi. Dalam mengukur harga jual digunakan sistem komisi dan cara mark – up (cost plus pricing). Perhitungan laba menggunakan analisis BEP (Break Even Poin), CMR (Contribution Margin ratio), dan MS (Margin of Safety). Metode perhitungan biaya pada PT Intrapola Marina Tour & Travel membagi biaya ke dalam dua bagian besar, yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung terkait dengan net fare, dan biaya tidak langsung terkait dengan kegiatan lain untuk mendukung penjualan produk. Dari analisis Break Even kaitannya dengan laba dapat diambil kesimpulan bahwa laba perusahaan telah berada di atas titik impas (Break Even), dengan nilai margin of safety sebesar 40,32% dari total penjualan seluruh produk atau sebesar Rp.1,204,836,915,98. Hal ini menunjukkan besarnya laba telah mampu menutupi besarnya biaya variabel dan biaya tetap. Dari analisis perhitungan harga jual melalui metode cost plus pricing dan BEP, dapat dikatakan perhitungan biaya penjualan dan harga jual tiket yang ditetapkan oleh PT Intrapola Marina Tour & Travel telah sesuai dengan teori akuntansi. Hanya saja belum dilakukan pemisahan antara biaya tetap dan biaya variabel. Dikarenakan belum terdapat pemisahan antara biaya variabel dan biaya tetap, maka hendaknya perusahaan melakukan klasifikasi atas kedua jenis biaya tersebut. Hal ini berguna untuk membantu dalam penetapan harga jual produk yang lebih mampu bersaing dengan perusahaan lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Harga, Metode Cost Plus Pricing, Memperoleh Laba |
Subjects: | Akuntansi |
Divisions: | S1 Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 09:50 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:33 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1374 |
Actions (login required)
View Item |