Familia, Elda (2016) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ASET TETAP PADA DINAS TENAGA KERJA TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN (DISNAKERTRANSDUK) PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA.
Text
ABSTRAK ELDA FAMILIA-14350035.docx Download (14kB) |
Abstract
Aset tetap pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (DISNAKERTRANSDUK) Provinsi Jawa Timur merupakan aset yang mempunyai peranan penting dalam kelangsungan organisasi. Aset tetap mempunyai karakteristik yang berbeda dengan aset lancar. Jika aset lancar dikendalikan pada saat konsumsinya, pengendalian aset tetap dilaksanakan pada saat perencanaan perolehan aset tetap tersebut. Hal ini disebabkan banyak pengeluaran-pengeluaran yang bersangkutan dengan aset tetap yang tidak bisa tidak harus dilakukan karena berupa commited cost, yang dalam masa pengoperasian aset tetap jenis biaya tersebut tidak dapat dikendalikan oleh manajemen melalui wewenang yang dimilikinya. Karena pengendalian asset tetap dilakukan pada saat pelaksanaan perolehannya, sistem informasi akuntansi asset tetap menyediakan mekanisme otorisasi sejak saat perencanaan sampai dengan saat pelaksanaan perolehan asset tetap. Penelitian ini dilakukan oleh penulis di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jalan Dukuh Menanggal 124-126 Surabaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana cara perolehan aset tetap? Metode beban penyusutan apa yang digunakan? Dokumen apa saja yang digunakan? Catatan akuntansi apa saja yang digunakan? Fungsi apa saja yang terkait? Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Setelah data dikumpulkan akan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan di DISNAKERTRANSDUK adalah cara perolehan aset tetap pada DISNAKERTRANSDUK diperoleh dengan cara: dibeli dalam bentuk siap pakai, aset yang dibangun terlebih dahulu dan didapat dari donasi atau hibah . Metode beban penyusutan yang digunakan adalah: metode garis lurus. Dokumen yang digunakan adalah: daftar permintaan barang, order pembelian, bukti penerimaan barang, kuitansi, surat perintah kerja, dan bukti permintaan dan pengeluaran barang Catatan akuntansi yang digunakan adalah: jurnal umum, register bukti kas keluar (voucher) dan buku pembantu aktiva tetap. Fungsi yang terkait adalah: pihak pemakai, Direktur yang bersangkutan, Direktur utama, unit pembelian, bagian penerimaan dan petugas pembukuan. Disarankan ada fungsi dalam organisasi yang bertanggung jawab atas pengelolaan asset tetap perusahaan dalam penempatan, pemindahan dan penghentian pemakain asset tetap, penggunaan surat permintaan penghentian pemakaian asset tetap sebagai permintaan dan pemberian otorisasi pemakaian asset tetap, dan DISNAKERTRANSDUK hendaknya menggunakan bukti memorial sebagai dokumen sumber dalam transaksi asset tetap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Akuntansi, Aset Tetap |
Subjects: | Akuntansi |
Divisions: | S1 Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 10:06 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 07:52 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1360 |
Actions (login required)
View Item |