HUSNA, MIFTAH (2019) ANALISA FAKTOR-FAKTOR PRODUK REJECT MELALUI AUDIT OPERASIONAL PROSES PADA PT. KARUNIA BERKAT MULIA SIDOARJO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
JURNAL MIFTA HUSNA NIM 15310423.pdf Download (587kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (79kB) |
Abstract
ABSTRAK PT. Karunia Berkat Mulia Sidoarjo adalah perusahaan yang bergerak dalam produk barang yang terbuat dari bahan kayu gelondongan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, bahwa perusahaan telah menerapkan manajemen mutu yang baik dan sesuai dengan pedoman standar mutu yang berlaku. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk atau produk cacat (reject). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitasmenggunakan alat bantu statistik bermanfaat dalam upaya mengendalikan tingkat kerusakan produk di perusahaan. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebab-akibat. Check sheet dan histogram digunakan untuk menyajikan data agar memudahkan dalam memahami data untuk keperluan analisis selanjutnya. Peta kendali p digunakan untuk memonitor produkyang rusak apakah masih berada dalam kendali statistik atau tidak. Kemudian dilakukan identifikasi terhadap jenis cacat yang dominan dan menentukan prioritas perbaikan menggunakan diagram pareto. Langkah selanjutnya adalah mencari faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan produk menggunakan diagram sebab akibat untuk kemudian dapat disusun sebuah rekomendasi atau usulan perbaikan kualitas. Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan,serta banyak yang keluar dari batas kendali. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan yang dominan yaitu terpotong (25,24%), tipis ( 25,21%) kasar ( 25,04%) dan tebal (24,51%). Dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab produk (reject) berasal dari faktor manusia / pekerja, mesin produksi, metode kerja, dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat produk cacat (reject) dan bisa mengevaluasi guna meningkatkan biaya kualitas produk secax
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Produk Reject, Produk Baik, Efektif Efisiensi x |
Subjects: | Akuntansi |
Divisions: | S1 Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 03:04 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 08:25 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1218 |
Actions (login required)
View Item |