PENGARUH KEPUASAN, KOMITMEN, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMEGANG KARTU KREDIT BANK HSBC SURABAYA

BOLENG, VIKTORIANUS BEDA (2019) PENGARUH KEPUASAN, KOMITMEN, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMEGANG KARTU KREDIT BANK HSBC SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
14211103 - ABSSTRAK VIKTORIANUS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
14211103 - BAB I VIKTORIANUS.pdf

Download (45kB)

Abstract

Perusahaan pada umumnya menginginkan bahwa pelanggan yang sudah diciptakannya dapat dipertahankan selamanya atau menjadi loyal. Namun demikian, hal ini bukan lah suatu hal yang mudah mengingat perubahan-perubahan dapat terjadi setiap saat, baik perubahan pada diri pelanggan seperti selera maupun aspek-aspek psikologis serta perubahan kondisi lingkungan yang mempengaruhi aspek-aspek psikologis, sosial dan kultural pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Kepuasan, Komitmen, dan Promosi terhadap Loyalitas nasabah pemegang kartu kredit Bank HSBC Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 2.542 nasabah tetapi menggunakan sampel penelitian sebanyak 100 orang sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel Kepuasan (X1¬) pengaruhnya terhadap Loyalitas (Y) diperoleh hasil bahwa thitung (2,989) lebih besar dari ttabel (1,984), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kepuasan (X1) terhadap Loyalitas (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,025 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa pertama dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Variabel Komitmen (X2) pengaruhnya terhadap Loyalitas (Y) diperoleh hasil bahwa thitung (2,288) lebih besar dari ttabel (1,984), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Komitmen (X2) terhadap Loyalitas (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,044 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa kedua dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Variabel Promosi (X3¬) pengaruhnya terhadap Loyalitas (Y) diperoleh hasil bahwa thitung (7,228) lebih besar dari ttabel (1,984), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi (X3) terhadap Loyalitas (Y), dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesa ketiga dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Dari hasil analisis uji F untuk mengetahui pengaruh variabel independen (Kepuasan, Komitmen, dan Promosi) terhadap variabel dependen (Loyalitas) secara bersama-sama diperoleh hasil bahwa Fhitung (28,640) > Ftabel (2,70), maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hasil tersebut menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, dengan demikian hipotesa keempat dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil perhitungan adjusted R square (R2) sebesar 0,772 atau 77,2%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yang terdiri dari Kepuasan, Komitmen, dan Promosi dapat menjelaskan variabel dependennya yaitu Loyalitas sebesar 77,2% sedangan sisanya sebesar 22,8% yang dijelaskan oleh variabel lainnya tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kepuasan, Komitmen, Promosi, Loyalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Komitmen, Promosi, Loyalitas.
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2019 05:41
Last Modified: 14 Dec 2022 02:27
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item