SUSANTI, ARIS (2019) ANALISA PENGENDALIAN INTERN PIUTANG DAGANG DALAM MEMINIMALISIR PIUTANG TAK TERTAGIH PADA UD. SANKI UTAMA SURABAYA. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.
Text
ABSTRAK ARIS SUSANTO.docx Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul analisa pengendalian intern piutang dalam meminimalisir piutang tak tertagih pada UD. Sanki Utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengendalian intern piutang dalam menentukan calon debitur agar jumlah piutang tak tertagih pada UD. Sanki Utama dapat diminimalkan sekecil mungkin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode analisis dengan terlebih dahulu mengumpulkan data yang ada kemudian diklarifikasi, dianalisa. Selanjutnya diinterprestasikam sehingga dapat memberikan gambarakan yang jelas mengenai pengendalian intern piutang dalam meminimalisir piutang tak tertagih. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa dalam penetapan pemberikan kredit perusahaan berpedoman pada prinsip 5C, yang terdiri dari Character, Capital, Capacity, Collateral, Conditions of Economy. Analisa pengendalian intern piutang ini dalam memberikan penetapan kredit bertujuan untuk memberikan gambaran untuk UD. Sanki Utama dalam memberikan kredit kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Kebijakan UD. Sanki Utama dalam melakukan pengendalian intern piutang yaitu dengan mengestimasi piutang tak tertagih dan menetapkan kebijakan dalam fungsi dan unsur-unsur dalam pengendalian intern piutang dagang. Maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengendalian intern atas piutang pada UD. Sanki Utama memiliki pengaruh dalam meminimalkan jumlah piutang tak tertagih. Peneliti mencoba untuk memberikan solusi dan saran mengenai piutang yang jatuh tempo terlalu lama. Hal ini dengan cara mengupdate laporan posisi piutang, dengan cara seperti itu akan terlihat jelas pelanggan mana yang telat dalam pembayaran dan mana yang rutin performa dalam pembayaran. Ketika ada pelanggan mengalami kesusahan dalam follow up penagihan, maka bagian marketing haruslah bergerak cepat, karena proses barang keluar merupakan wewenang dari pihak marketing. Kata kunci : Pengendalian Internal atas Piutang, Piutang Tak Tertagih, dan Past Due
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Internal atas Piutang, Piutang Tak Tertagih, dan Past Due. |
Subjects: | Akuntansi |
Divisions: | S1 Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 05:57 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 08:18 |
URI: | http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1196 |
Actions (login required)
View Item |