ANALISIS PENGENDALIAN MUTU UNTUK MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK PADA PT. MASPION UNIT II DIVISI POLYFOAM SIDOARJO

CAYATI, TANTRIK IGA AYU (2017) ANALISIS PENGENDALIAN MUTU UNTUK MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK PADA PT. MASPION UNIT II DIVISI POLYFOAM SIDOARJO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK tantrik.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK PT. Maspion Unit II Divisi Polyfoam Sidoarjo adalah perusahaan yang bergerak dalam produk barang yang terbuat dari bahan plastik untuk menghasilkan produk yang berkualitas, bahwa perusahaan telah menerapkan manajemen mutu yang baik dan sesuai dengan pedoman standar mutu yang berlaku. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk atau produk cacat (reject) akan tetapi, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tingkat produk cacat (reject) masih bisa ditoleransi karena produk cacat (reject) masi di cetak ulang lagi sampai menjadi produk baik. Dengan proses tersebut akan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak efektif dan tidak efisien di karenakan harus mencetak ulang lagi menjadi produk baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manfaat pengendalian mutu dalam peningkatan mutu produk pada PT. Maspion Unit II Divisi Polyfoam Sidoarjo. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, histogram,peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebab-akibat. Check sheet dan histogram digunakan untuk menyajikan data agar memudahkan dalam memahami data untuk keperluan analisis selanjutnya. Peta kendali p digunakan untuk memonitor produkyang rusak apakah masih berada dalam kendali statistik atau tidak. Kemudian dilakukan identifikasi terhadap jenis cacat yang dominan dan menentukan prioritas perbaikan menggunakan diagram pareto. Langkah selanjutnya adalah mencari faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan produk menggunakan diagram sebab akibat untuk kemudian dapat disusun sebuah rekomendasi atau usulan perbaikan kualitas. Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan,serta banyak yang keluar dari batas kendali. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan yang dominan yaitu terpotong (24,57%), tipis ( 23,44%) kasar ( 26,50%) dan tebal (25,49%). Dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab produk jelek (reject) berasal dari faktor manusia / pekerja, mesin produksi, metode kerja, dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat produk cacat (reject) dan bisa mengevaluasi guna meningkatkan biaya kualitas produk secara efektif dan efisien dalam pengendalian kualitas Kata kunci : Pengendalian mutu, Produk Cacat, Produk Baik, Kualitas Produk

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian mutu, Produk Cacat, Produk Baik, Kualitas Produk
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2019 09:25
Last Modified: 20 Dec 2022 07:41
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item