PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. CORIN MULIA GEMILANG, BALONGBENDO SIDOARJO

NISYAK, KHOIRUN (2019) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. CORIN MULIA GEMILANG, BALONGBENDO SIDOARJO. Diploma thesis, STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

[img] Text
15211120 - ABSTRAK KHOIRUN NISYAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
15211120 - BAB I KHOIRUN NISYAK.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian serta dampaknya pada kepuasan konsumen pada PT Corin mulia gemilang Balongbendo Sidoarjo . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara langsung variabel citra merek dan variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan konsumen, pengaruh secara tidak langsung antara variabel citra merek dan variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan konsumen melalui variabel keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menitik beratkan pada pengujian hipotesis dengan alat analisis metode statistik dan menghasilkan kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah 60 konsumen untuk proyek merupakan konsumen PT.Corin Mulia Gemilang dengan sampel sejumlah 60 konsumen menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus. Metode pengumpulan data dokumentasi dan kuesioner, metode analisis yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan analisis jalur (path analysis) menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis jalur diketahui bahwa pengaruh variabel citra merek dan variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan konsumen yaitu, variabel citra merek mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,284, dan variabel harga mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,133. Kepuasan konsumen sebagai variabel intervening mempunyai pengaruh sebesar 0,343 terhadap variabel kepuasan konsumen. Kemudian jika citra merek melalui keputusan pembelian untuk mempengaruhi kepuasan konsumen, diketahui pengaruhnya sebesar 0,073. Sedangkan kualitas produk jika melalui keputusan pembelian untuk mempengaruhi keputusan pembelian, diketahui pengaruhnya sebesar 0,047. Berdasarkan hal ini dapat terlihat bahwa, pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan kosnumen akan lebih besar tanpa melalui keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,971 pada variabel terikat keputusan pembelian, berarti persentase pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 97,1%. Koefisien determinan sebesar 0,627 untuk variabel terikat kepuasan konsumen, berarti persentase pengaruh citra merek,kualitas produk dan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen sebesar 62,7%. dan berdasarkan hasil dari regresi berganda juga menunjukkan hasil bahwa citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : Citra Merek , Kualitas Produk , Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek , Kualitas Produk , Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen
Subjects: Manajemen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email lib.stiemahardhika@gmail.com
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:05
Last Modified: 03 Feb 2022 09:21
URI: http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item